Monday 14 September 2015

Tanah Tuhan Yang Menjadi Rebutan Tiga Agama


Cipitmeni.blogspot.com-- Tau gak sih kenapa masjid Al-Aqsa menjadi rebutan tiga agama Islam, Kristen dan Yahudi? Ternyata disana terdapat tempat suci bagi ketiga agama tersebut.


Masjid 

Wilayah Muslim merupakan yang terbesar diantara yang lain dan terdapat tempat suci Dome of Rock dan Masjid the al-Aqsa serta dataran tinggi yang dikenal sebagai Haram al-Sharif oleh umat Islam. 

masjid al aqsa,tempat suci umat islam
Masjid ini merupakan tempat suci ketiga bagi Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid al-Aqsa dikelola oleh yayasan Islam Waqf. 

Umat Muslim yakin Nabi Muhammad ke Yerusalem dari Mekkah ketika melakukan perjalanan malam yang disebut Isra Mi'raj. Dan di dekat tempat suci Dome of the Rock, terdapat batu yang dipercaya umat Muslim, merupakan tempat yang dipijak nabi sebelum melakukan perjalanan ke surga. 

Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al-Isra ayat 1)

Umat Muslim mengunjungi situs suci tersebut sepanjang tahun, tetapi setiap Jumat pada bulan Ramadhan, ratusan ribu umat Muslim melakukan sholat Jumat di masjid tersebut.

Kesucian Mesjid Al-Aqsa bukan hanya karena pernah dijadikan arah kiblat pertama dan tempat ibadah bagi kaum Muslimin, tapi ia merupakan simbol harga diri umat Islam di mata dunia. Sudah selayaknya kaum Muslimin seluruh dunia membela kesuciannya, dengan mempertahankan keberadaannya.

Gereja 

Di dalam wilayah Kristen terdapat Gereja Makam Kudus, yang menjadi situs penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Situs ini berada di tengah sejarah perjalanan Yesus, kematiannya, penyaliban dan kebangkitan. 

gereja makam kudus,yerusalem
Menurut tradisi Kristen, Yesus disalib di sana, di Golgotha, atau bukit Calvary, makamnya berada di dalam gereja dan juga menjadi lokasi kebangkitannya. 

Gereja dikelola secara bersama oleh perwakilan kaum Kristen yang berbeda, sebagian besar dari Patriarkat Ortodok Yunani, Biara Franciskan dari Gereja Katolik Roma, dan Patriarkat Armenia, tetapi juga Ethiopia, Koptik, dan Gereja Ortodoks Suriah. Lokasi ini merupakan tempat tujuan ziarah bagi jutaan umat Kristen di seluruh dunia. 

Tembok 

Wilayah Yahudi merupakan tempat bagi Kotel, atau Tembok Barat atau dikenal sebagai Tembok ratapan, yang merupakan bagian dari dinding bagian yang tersisa dari bangunan Bait Suci. 

tembok ratapan,yahudi,yerusalem.
Di dalam candi dulu merupakan terdapat ruang Maha Kudus, yang merupakan situs suci bagi umat Yahudi. 

Kaum Yahudi percaya bahwa lokasi ini merupakan lokasi batu fondasi penciptaan bumi, dan tempat dimana Ibrahim bersiap untuk mengorbankan anaknya Ismail. Hari ini, Tembok Ratapan merupakan tempat terdekat bagi kaum Yahudi untuk berdoa ke Maha Kudus. Lokasi ini dikelola oleh Rabi dan setiap tahunnya jutaan orang Yahudi dari seluruh dunia melakukan ziarah.

Pemimpin Israel bahkan sudah mengklaim Yerusalem adalah milik mereka " Tembok Ratapan telah menjadi milik kami selama tiga ribu tahun. Dinding ini dan negara Israel akan tetap menjadi milik kami selamanya, " kata perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan puncaknya perayakan hari suci Hanukkah di Kotel (Tembok Ratapan).

Tembok Ratapan ini terletak didalam kompleks Masjid Al-Aqsa. Hanukkah diperingati buat mengenang kuil tersebut.

Pantas saja Yerusalem mejadi rebutan karena tempat tersebut adalah tempat suci tiga agama samawi tersebut.

Kedua pihak dipastikan akan terus mempertahankan klaim masing-masing atas Yerusalem. Alhasil, konflik berkepanjangan antara kedua bangsa sangat mungkin tidak akan pernah berakhir hingga kiamat. Cuma Tuhan bisa memutuskan siapa paling berhak atas Yerusalem.

Terima kasih







No comments:

Post a Comment