Friday 25 September 2015

Bahaya Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur



Cipitmeni.blogspot.com-- Cuaca panas yang saat ini masih melanda Indonesia baik siang hari maupun malam hari suhu udara tetap panas dan membuat badan menjadi gerah. Banyak orang menggunakan kipas angin untuk mengatasinya untuk mengurangi suhu yang panas dan gerah. Bahkan kebiasaan menggunakan kipas angin ketika tidur sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat. 

Meskipun tidur dengan menggunakan kipas angin bisa membuat nyaman tapi ternyata tidur terlalu sering menggunakan kipas angin bisa berakibat buruk pada tubuh. Apalagi jika kipas langsung menghadap atau mengarah ke tubuh kita. Berikut ini bahaya tidur menggunakan kipas angin.

Berikut ini 5 bahaya menggunakan kipas angin ketika sedang tidur :

Pasokan Oksigen Berkurang

Salah satu bahaya menggunakan kipas angin bagi tubuh adalah akan mengalami kekurangan oksigen. Tubuh akan kesulitan bernafas karena kurangnya jumlah oksigen dalam darah akibat dari sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan hindari penggunaan kipas angin terlalu sering dan usahakan terdapat ventilasi pada ruangan untuk sirkulasi udara.

Kulit Kering

Saat terlalu sering menggunakan kipas angin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin berefek kekurangan air akan terjadi pada tubuh termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir disekitar kulit.

Debu Akan Masuk Ke Dalam Tubuh

Ketika menggunakan kipas angin otomatis debu yang berada diruangan tersebut akan berterbangan akibatnya adalah resiko udara kotor bercampur debu tersebut masuk ke dalam tubuh. Menggunakan kipas angin sebaiknya jangan terlalu lama.

Infeksi Saluran Pernafasan

Penggunaan kipas angin akan menjadi bahaya jika wajah kita mendapat hembusan angin dari kipas tersebut. Perlu diketahui bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, atau bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin bisa menyebabkan terjadinya infeksi saluran pernafasan.

Beresiko Kematian

Kemungkinan terburuk menggunakan kipas angin saat tidur adalah menyebabkan kematian. Bayangkan saja didalam ruangan tertutup maka tidak ada sirkulasi udara yang artinya pasokan oksigen akan sangat terbatas. Tidak adanya oksigen yang dihirup akan membuat anda akan menghirup karbon dioksida yang bisa merusak oragan pernafasan kita. Kemungkinan buruk yang terjadi adalah mempercepat kematian jika terlalu sering menghirup karbon dioksida.


Terima Kasih.


No comments:

Post a Comment