Wednesday 9 September 2015

Imutnya, Abdi Dalem Cilik Keraton Yogyakarta

Abdi dalem merupakan orang yang mengabdikan diri kepada keraton dan raja dengan segala aturan yang ada. Abdi dalem biasanya identik dengan orang dewasa sampai tua namun di keraton Yogyakarta terdapat abdi dalem yang masih berusia 6 tahun.

Dikutip dari Facebook Jogja Update abdi dalem cilik tersebut bernama Rizky Kuncoro Manik lahir pada 27 Oktober 2008. Rizky menjadi abdi dalem keraton Yogyakarta secara resmi pada 2 Syawal 1434 atau pertengahan 2013 lalu.

Setiap harinya, Rizky berangkat ke keraton seusai sekolah di TK Pamardisiwi dengan dibonceng sang kakek, Suyatiman Cermowicoro memakai sepeda onthel dari rumahnya di kampung Warungboto, Janturan, Kota Yogyakarta. Saat sekolah didalam tas Rizky selalu dilengkapi dengan perlengkapan pakaian abdi dalem sehingga selesai ia bersama sang kakek langsung menuju keraton setelah berganti pakaian.

Menjadi abdi dalem bukan bekerja tapi mengabdi pada budaya Jawa, belajar tentang kebudayaan jawa, seperti tariannya, unggah-ungguhnya hingga cara berbicaranya.

wah jadi lucu kan kalau banyak abdi dalem yang imut-imut seperti Rizky.hehe

Terima Kasih.



No comments:

Post a Comment