Friday 14 August 2015

Metode Pengajian KH.Ahmad Dahlan




KH.Ahmad Dahlan memberikan materi pengajian yang tidak hanya memberi ceramah pengetahuan agama islam dan kemuhammadiyahan saja, tetapi juga mengenai cara aplikasi di masyarakat

setiap pagi selesai shalat subuh, seperti bisa beliau mengisi materi pengajian dan diawali dari pertanyaan, "Bapak dan Ibu tahukah dengan surat Al-Ma'un?" serentak semua menjawab : "Tahu". bagaimana bunyi serta artinya? dan kemudian salah seorang diantara jamaah membacakan surat Al-Ma'un beserta artinya.
artinya seperti ini :

1. tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?
2. itulah orang yang menghardik anak yatim,
3. dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin
4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,
5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.
6. orang-orang yang berbuat riya
7. dan enggan (menolong dengan) barang berguna.

ayat diatas berisi tentang anjuran untuk memberikan nafkah keprad fakir miskin. berkolerasi dengan surat An-Nisa ayat 2 :

Artinya : " dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar".

Selanjutnya perintah untuk menafkahkan harta kepada orang miskin juga dijelaskanpada surat Al-Fajr ayat 17-18 tentang kecaman bagi orang-orang yang tidak memuliakan anak yatim dan tidak memberi makan orang-orang miskin yang artinya " sekali-kali tidak! bahkan kamu tidak memuliakan anak yatim, dan kamu tidak saling mengajak orang miskin..."

Begitulah pentingnya menafkahkan harta di jalan Allah dengan cara memberi makan anak yatim dan orang miskin, bahwa jika melalaikan kewajiban membersihkan harta, maka hal tersebut merupakan suatu dosa besar.

kemudian KH. Ahmad Dahlan bertanya lagi, pahamkah bapak dan ibu terhadap ayat tersebut? mereka menjawab "paham", sudah dilaksanakan? (kembali beliau bertanya) "belum". jawab jamaah.


kalau sudah paham, seharusnya dilaksanakan, sekarang kita akhiri pengajian hari ini, dan silakan bapak dan ibu pulang untuk melaksanakan apa yang diperintahkan di ayat tersebut, berbuat baiklah kepada anak yatim dan tidak menghardiknya, serta berilah makan kepada tetangga dan kerabatmu yang fakir miskin

pengajian tersebut hanya berlangsung 20menit, padahal biasanya sampai 1-1,5 jam. semua orang bubar dari pengajian tersebut untuk melaksanakan apa yang disampaikan KH.Ahmad Dahlan.

begitulah teladan yang beliau berikan kepada jamaah pengajiannya. semoga dapat bermanfaat.

terima kasih sudah berkunjung







No comments:

Post a Comment