Friday 28 August 2015

Libur atau Tidak Muhammadiyah Idul Adha Sehari Lebih Awal dari Pemerintah


Cipitmeni.com-- Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Adha sehari lebih cepat ketimbang pemerintah Indonesia. Pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 24 September 2015 sedangkan Muhammadiyah telah memutuskan hari raya jatuh pada tanggal 23 September 2015. Apakah Pemerintah mau memberikan hari libur pada warga Muhammadiyah yang melaksanakan sholat ied lebih awal dari pemerintah.



Ketua komisi VIII Saleh Daulay mengatakan kalau rakyat meminta libur itu boleh-boleh saja tapi keputusan libur atau tidaknya ada pada pemerintah. Dia tidak mau berpolemik tentang libur melainkan lebih menekankan yang terpenting adalah saling  menghormati.

Pemerintah melalui surat keputusan 3 menteri taun 2014 tentang hari libur nasional dan cuti bersama menetapkan 24 September adalah hari libur Idul Adha. Biasanya pada awal bulan Dzulhijjah Kemenag melakukan sidang isbat penetapan awal Dzulhijjah. Namun sekarang banyak muncul opini dari masyarakat kalau Idul Adha itu terkait dengan ibadah haji maka sebaiknya Idul Adha mengikuti Pelaksanaan Wukuf di Arafah, Arab Saudi.

Soal perbedaan tanggal Idul Adha, Ketum MUI Ma'ruf Amin juga menegaskan MUI mengerti dan menghormati perbedaan itu.

Semoga pernyataan ketua MUI tersebut bisa diikuti oleh masyarakat yang biasanya lebih banyak terjadi polemik bahwa keyakinannya yang paling benar  jika terjadi perbedaan penentuan lebaran.

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment