Monday 12 October 2015

Siapa Takut Menikah di Bulan Muharram


Cipitmeni.blogspot.com-- Menikah pada bulan Muharram bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya suku jawa dipercaya dapat mendatangkan kesialan, bencana bahkan bisa mendatangkan musibah. Oleh karena itu mereka tidak berani menikah atau menikahkan pada bulan Muharram.

Di masyarakat Arab Jahiliyah dahulu juga ada keyakinan serupa. Mereka takut menikah dan menikahkan pada bulan Syawal. Mereka percaya jika tetap menikah atau menikahkan pada bulan syawal akan mendapat bencana dan musibah.

Rosulullah sendiri telah melarang anggapan sial karena melihat atau mendengar sesuatu, ataupun karena sesuatu dan menjelaskannya sebagai bagian dari syirik dalam haditsnya :

"Tidak ada penyakit menular dan tidak ada ramalan nasib sial". (HR.Muttafaq 'Alaih)

" Ramalan nasib adalah syirik, ramalan nasib adalah syirik (sebanyak tiga kali)." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan Al-Hakim)

Membatalkan anggapan sial tersebut maka Rosulullah menikahi istrinya Aisyah pada bulan ini. Diriwayatkan Ummul Mukminin, 'Aisyah Radhiyallahu'Anha berkata " Rosulullah menikahiku pada bulan Syawwal dan berkumpul denganku pada bulan Syawwal, maka siapa diantara istri-istri beliau yang lebih beruntung dariku?" (HR. Muslim, Al Tirmidzi, Al-Nasai dan Ahmad )

Keyakinan kesialan menikah pada bulan Muharram juga sama subtansinya dengan keyakinan jahiliyah akan kesialan bulan syawal. Keduanya sama-sama termasuk tathayyur atau thiyarah yang bagian dari kesyirikan yang menghilangkan kesempurnaan tauhid.

Bulan Muharram termasuk bulan mulia, agung dan penuh barakah. Dia bagian dari empat bulan haram yang disebutkan dalam Al-Quran. Allah akan melipat gandakan pahala amal shalih yang dikerjakan di dalamnya sebagaimana Allah lipatkan dosa atas maksiat didalamnya. Dan menikah termasuk bagian dari amal shalih dan ketaatan. Keberkahan menikah pada bulan Muharram juga didasari ittiba' kepada nabi Muhammad SAW menolak dan membatalkan keyakinan jahiliyah. Maka jika berlangsung pernikahan pada bulan tersebut dengan niatan mendobrak khufarat, mitos dan keyakinan batil ini Insya Allah termasuk suatu kebaikan dan mendatangkan keberkahan.

Pada bulan Muharram juga telah terjadi peristiwa berikut:

  1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah
  2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
  3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan
  4.  Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud
  5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa
  6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
  7. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah
  8. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya
  9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam
  10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun
  11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah
  12. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar
  13. Hari pertama Allah menciptakan alam
  14. Hari Pertama Alllah menurunkan rahmat
  15. Hari pertama Allah menurnkan hujan
  16. Allah menjadikan ‘Arasy
  17. Allah menjadikan Luh Mahfuz
  18. Allah menjadikan alam
  19. Allah menjadikan Malaikat Jibril
  20. Nabi Isa diangkat ke langit.

Terima Kasih.


No comments:

Post a Comment